Jumat, 08 Januari 2010

Beretika-di-facebook-twitter-dan-jaringan-sosial-lainnya

http://kristiono-setyadi.net/2009/08/beretika-di-facebook-twitter-dan-jaringan-sosial-lainnya/
Menjalin pertemanan di dunia maya menggunakan Facebook memang sangat mengasyikkan. Begitu juga update status di Twitter, video di Youtube, MySpace, LinkedIn, dan sebagainya. Sebagaimana kondisi nyata, berteman melalui jejaring sosial (social network) sangatlah penting.

Beberapa jejaring sosial mengijinkan orang lain secara bebas melihat update Anda, seperti Twitter. Beberapa lainnya hanya mengijinkan orang lain melihat status Anda setelah mereka menjadi teman Anda, seperti Facebook. Tentu saja keperluan dari masing-masing jejaring sosial memiliki karakteristik dan perbedaan.

Dulu, sebelum kita mengenal jejaring sosial, media komunikasi kita adalah e-mail, bulletin board, mailing lists dan forum. Seiring bertambahnya pengguna e-mail dan bulletin ini, muncul apa yang disebut dengan netiquette (net etiquette). Dan saat ini, sudah menjadi standar apabila Anda bergabung dengan mailing list tertentu, Anda akan dikirimi aturan-aturan yang berlaku di mailing list tersebut. Itulah yang disebut dengan netiquette.

Lalu bagaimana dengan netiquette yang ada di jejaring sosial? Belum ada lembaga yang secara khusus mengatur tentang ini, namun ada beberapa poin hasil browsing yang mungkin bermanfaat bagi Anda:

* Kenali audience Anda. Saya tidak tahu kata yang tepat untuk mewakili audience, tapi saya yakin Anda tahu yang saya maksudkan. Mengenali audience Anda bukan berarti Anda memposting sesuatu yang membuat mereka semua senang. Postinglah sesuatu yang, minimal, tidak membuat mereka tersinggung. Masih ingat dengan seorang pegawai yang dipecat gara-gara memaki-maki atasannya padahal atasannya adalah salah satu temannya di Facebook? Jangan sampai terjadi pada Anda.
* Batasi postingan Anda dalam waktu yang tidak terlalu dekat. Bagi Anda yang melakukan posting 15 menit sekali, pastikan bahwa postingan Anda tidak mengganggu orang lain.Perbedaan Anda dengan situs atau profil berita adalah, mereka memposting sesuatu yang bermanfaat (berita, headline, update kondisi terbaru, dan sebagainya) sedangkan jika Anda mengupdate status Anda 15 menit sekali dengan status “pusing..”, “sakit perut”, “hari yang panas”, “makan di pinggir jalan”, dan sebagainya, mungkin itu akan mengganggu teman Anda.
* Facebook mengijinkan Anda untuk mengupload foto. Berhati-hatilah jika foto tersebut mengandung SARA atau sesuatu yang tidak disukai jika tampil di muka umum. Jika Anda ingin mengupload foto yang ada orang lain disana, minta ijinlah terlebih dahulu. Bisa jadi, foto tersebut tidak berkenan baginya (walaupun bagi kita itu adalah foto biasa). Setiap orang punya privasi sendiri-sendiri. Hormatilah itu.
* Perhatikan ejaan Anda. Sekalipun Anda memposting sesuatu dari HP, pastikan bahwa postingan Anda mudah dibaca. Postingan seperti, “dm skr? jg jauh2 mknny y, nnt kbr abs” adalah postingan yang membuat kening berkerut. Atau, “pls dh, jg sk tdr mlm2, nnt bs skt prt”. Walaupun Anda dan sebagian orang mengerti apa yang Anda tulis, mempermudah orang lain selalu menjadi pilihan lebih baik.

Poin diatas adalah netiquette yang saya dapatkan ketika browsing di internet. Aturan-aturan diatas bukanlah aturan baku dan harus ditaati. Semuanya kembali kepada Anda. Andalah yang berkuasa terhadap account Anda. Namun alangkah indahnya jika jejaring sosial yang kita gunakan benar-benar bermanfaat dan bukan menjadi penyebab bencana sosial.
sumber : http://kristiono-setyadi.net/2009/08/beretika-di-facebook-twitter-dan-jaringan-sosial-lainnya/

0 komentar:

Posting Komentar