Jumat, 08 Januari 2010

peristiwa-terbesar-situs-jejaring-sosial-social-media-tahun-2009

http://www.jevuska.com/2009/12/31/10-peristiwa-terbesar-situs-jejaring-sosial-social-media-tahun-2009
Sepanjang tahun 2009, di blog Jevuska ini, selain berisi artikel kedokteran juga banyak diisi dengan berita yang membahas mengenai situs jejaring sosial, media sosial, mini blogging, mikroblogging atau apapun namanya. Dari artikel kedokteran sendiri banyak yang datang mencari hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dan kedokteran, entah itu sifatnya positif dan ada pula yang negatif. Jika dilihat dari persentase pengunjung/visitor yang sempat singgah di blog ini, banyak yang mencari artikel kedokteran yang sifatnya masih negatif seperti cara menggugurkan kandungan, cara mengetahui password Facebook orang atau hack password facebook, dan pastinya mereka tidak menemukan artikel tersebut di blog ini (blog tetangga mungkin ada). Artikel kesehatan ataupun kedokteran yang sifatnya legal (atas indikasi medis) mengenai cara menggugurkan kandungan memang ada dan itu dibahas di artikel aborsi saya ini. Artikel mengenai cara mengetahui password Facebook orang ataupun cara hack Password Facebook tidak akan kamu temukan di sini, jelasnya silahkan baca paparan saya sebelumnya di postingan Privacy settings Facebook. Pembahasan mengenai Facebook banyak saya jelaskan dalam tag Facebook, dan jika kamu menemukan kata-kata seperti yang saya sebutan sebelumnya, itu semua datang dari search engine yang sesuai dengan kata-kata yang digunakan oleh beberapa pengunjung yang masuk di blog JEVUSKA.

Daripada kita cari-cari tentang atau sesuatu yang tidak banyak memberikan manfaat, mari kita ingat-ingat peristiwa terbesar yang terjadi di situs jejaring sosial selama tahun 2009. Pengguna situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sangat meningkat dengan signifikan. Facebook dengan 350 juta lebih pengguna yang melebihi dari jumlah penduduk Amerika, dan Twitter sebagai layanan microblogging meroket popularitasnya dengan pengguna yang berasal dari berbagai kalangan termasuk selebritis, pecinta teknologi dan beberapa perusahaan terkemuka.

Beberapa peristiwa terbesar sepanjang tahun 2009 dimana media sosial memainkan peran utama di dunia internet.

10. Word of Web – Ketika orang banyak menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan chatting online seperti Twitter, produk dan jenis hiburan langsung diketahui secara real-time. Kata yang sulit dipahami dari mulut ke mulut sekarang dapat dipahami, dan “word of Web” seperti menjadi mata uang baru. (orang yang bergerak dalam online marketing lebih sering menyebutnya dengan kata “virus”.)

9. Whopper Sacrifice – dengan cepat Facebook membunuh taktik pemasaran seperti ini, Whopper Sacrifice merupakan aplikasi Facebook game dari Burger King yang meminta pengguna Facebook untuk menghapus 10 orang teman dengan imbalan burger gratis. Hanya dalam beberapa minggu, 233.906 teman hilang sekejap, yang akhirnya Facebook mem-banned aplikasi Whopper Sacrifice karena melanggar aturan main di Facebook.

Memang hal tersebut terbukti menjadi cara promosi yang sukses untuk mempromosikan sebuah merek/brand yang tampaknya hanya mendapatkan lebih banyak kontroversi selama tahun 2009.

8. Google Wave – Sebuah layanan eksklusif dari produk terbaru Google (dengan pengguna yang masih dibatasi hanya melalui invite dari permintaan ke Google, invite ke temanpun terbatas) berhasil menyita perhatian. Saya termasuk salah satu orang yang diterima untuk mencoba Google Wave dan menginvite teman saya, karena tampilan dan fungsi yang masih membingungkan dan sepertinya para tim masih bekerja keras untuk memperbaiki fungsi yang ada di Google Wave, akhirnya penggunaan Google Wave untuk sementara saya tidak maksimalkan dulu, begitu juga dengan orang-orang yang sudah mencoba Google Wave, masih susah untuk menggunakan aplikasi ini.

7. Twitter and Facebook under hack attack – Tepat ketika Twitter pada puncak popularitasnya, Facebook, LiveJournal dan YouTube, situs-situs tersebut down secara bersamaan terkena serangan hack.

Itu adalah serangan hack pertama yang berbahaya dan berhasil menargetkan sejumlah situs jejaring secara besar-besaran. Hal tersebut kemungkinan bukan akan menjadi yang terakhir. Sebuah sumber menyebutkan denial-of-service attacks sudah berlangsung selama berbulan-bulan. Kejadian twitter dihack kembali terulang beberapa minggu lalu, lagi-lagi Twitter kena hack, kali ini oleh kumpulan yang bernama Iranian Cyber Army.

Selain itu, pengguna juga terkena phising. Situs phising Facebook login ini muncul dihampir semua inbox pengguna Facebook.

6. Ashton Kutcher vs. CNN – yang satu ini bisa kita sebut “Top 1 stupidest moments in social media”. Mantan bintang “That 70s Show” dengan akun twitternya @aplusk menantang CNN @cnnbrk untuk mencapai 1 juta subscriber. Pemenangnya akan menyumbangkan uang untuk amal malaria.

Dengan kata “follow Ashton Kutcher” akhirnya Kutcher-lah yang menang.

5. Susan Boyle launches career – Dengan metode “Word of Web” yang kita bicarakan sebelumnya, penyanyi Skotlandia berusia 48 tahun bangkit dari ketidakjelasan. Video dari penyanyi berpakaian lusuh dan kuno muncul secara online di YouTube dan di setiap situs jejaring sosial. Simon Cowell-lah yang telah berperan besar terjadinya video tersebut dan dimainkan di Internet.

4. R.I.P. Michael Jackson – TMZ lah yang pertama memberitakan kematian Michael Jackson. Selama satu jam atau lebih berita tersebut diabaikan dan berspekulasi mengenai keabsahannya termasuk di berbagai sosial media masih ada yang percaya dan tidak. Pada saat LA Times mengkonfirmasi berita kematian Michael Jackson, informasi tersebut sudah menjadi perdebatan di Twitter.

Kematian salah satu bintang pop terbesar dalam sejarah ini adalah contoh sempurna tentang betapa cepat berita besar dapat menyebar melalui situs jejaring sosial.

3. R.I.P. Jeff Goldblum? – Situs jejaring sosial juga merupakan media yang fantastis menyebarkan informasi dengan cepat untuk informasi yang keliru.

Berikut daftar orang-orang terkenal yang tidak mati tahun ini (diisukan meninggal) , tetapi berita palsu kematian mereka sudah menyebar jauh dan luas: Jeff Goldblum, Natalie Portman, George Clooney, Britney Spears, Ellen DeGeneres, Michael Lohan, Fort Hood dituduh menembak Nidal Malik Hasan, Jared from Subway, Emma Watson dan P. Diddy.

2. Iran “green” protests – Protes dengan kekerasan politik di Iran mendorong dukungan dari banyak simpatisan internasional dalam bentuk mengubah avatar mereka di Twitter menjadi hijau. Di Indonesia hal ini juga sempat terjadi dengan #indonesiaunite sebagai kata kunci di Twitter yang menjadi trend topik pada saat terjadi ledakan bom di hotel JW Marriot dan Ritz Carlton pada tanggal 17 Juli 2009, dan para pengguna Twitter menambahkan lambang bendera merah putih di Avatarnya.

1. Hudson River plane landing – Pendaratan pesawat di sungai Hudson – Di sinilah kekuatan sejati media sosial atau bisa juga kita sebut microblogging, snapshot iPhone dari misi penyelamatan di sungai Hudson yang legendaris. Hanya gambar yang mengatakan seribu kata, betapa tidak, pada saat wartawan atau fotografer tidak berada di dekat TKP, siapa pun bisa menjadi reporter sejenak dan menyiarkannya ke seluruh dunia.
sumber :http://www.jevuska.com/2009/12/31/10-peristiwa-terbesar-situs-jejaring-sosial-social-media-tahun-2009

0 komentar:

Posting Komentar